Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Melalui Riset

Arjon Turnip Ph,D. Sebagai Pemateri dengan Moderator Rolly Maulana Awangga


Tahun ini ada yang berbeda dengan kegiatan kuliah Umum di Politeknik Pos Indonesia, tiga program studi rumpun informatika yaitu program studi diploma IV dan diploma III Teknik Informatika serta manajemen informatika sepakat bekerja sama menyelenggarakan kuliah umum bersama. Kegiatan yang berlangsung pada 27 Maret 2018 ini bertempat di auditorium Politeknik Pos Indonesia dengan menghadirkan dua nara sumber sekaligus yaitu peneliti dari LIPI, Arjon Turnip, Ph.D dan Valentino Sembiring, S.Kom., M.Kom, alumni manajemen informatika sekaligus praktisi startup. Acara yang mengusung tema "Meningkatkan kompetensi melalui riset untuk kemandirian mahasiswa " ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa dari ke-tiga program studi yang mencapai 350 peserta lebih. antusisasme ditunjukkan oleh para peserta karena riset dan peningkatan kompetensi merupakan isu utama kinerja program studi dalam satu tahun terakhir ini sebagai upaya meningkatkan reputasi institusi.

Pak Arjon Turnip, Ph.D. Menekankan bagaimana langkah-langkah yang harus dibuat kedepannya untuk mengembangkan produk yang sudah dihasilkan sehingga bukan lagi menjadi prototype melainkan menjadi produk jadi sehingga memiliki efek langsung kepada masyarakat, selain itu Valentino Sembiing, S.Kom., M.Kom. juga menekankan untuk mulai mencari permasalahan yang ada di lingkungan kita dan kemudian mencarikan solusi, salah satu cara yang bisa diimplementasikan yaitu melalui inovasi


Para Pembicara menekankan tentang bagaimana mahasiswa harus berfikir lebih aktif untuk melakukan riset terhadap masalah-masalah disekitar mereka. Nanti nya melalui riset ini mahasiswa tidak lagi tersesat dalam menentukan apa yang harus mereka pelajari dan kembang kan selama perkuliahan, Sehingga para dosen dapat mengarahkan mahasiswa untuk mencari informasi yang paling dibutuhkan pada riset yang mereka lakukan dan disesuaikan dengan kemampuan, kompetensi  dan research interest yang dimiliki oleh mahasiswa.


Melalui kata sambutannya, ketua program studi diploma IV Teknik Informatika, M. Yusril Helmi Setyawan, yang mewakili pimpinan program studi rumpun infomatika menegaskan bahwa riset bukanlah sebuah kemewahan akademis yang hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Seorang penjual gorengan saja melakukan riset untuk memprediksi penghasilan melalui nilai tawar inovasi produknya, apalagi kita yang berada di institusi pendidikan yang didaulat sebagai pengembang intlektual, tentu harus lebih tertantang.



"Dari riset, mahasiswa bisa mengasah literasi untuk mendapatkan kompetensi yang layak. Sehingga pengembangan diri ini mampu memupuk kemandirian yang efeknya tidak cukup hanya kompeten saja, tetapi dapat memperoleh dampak secara finansial melalui mengkaryakan kompetensinya" demikian lanjutnya.

Berita Terkait :
Depokpos.com
Kabariku.com

Selamat Datang

Selamat Datang di Website Resmi Prodi D4 Logistik Bisnis Politeknik Pos Indonesia :::: Kepada Seluruh Mahasiwa D4 LB untuk pelaksanaan kegiatan perkuliahan Semester Ganjil T.A 2020/2021 dilakukan secara daring menggunakan Sistem VL, Zoom dan iTeung (IT Service Utility Integrated)

Prestasi Mahasiswa

12/Prestasi/slide-posts

Slider

5/random/slider

Penelitian

3/Penelitian/feat-list

Kegiatan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA)

8/Ormawa/grid-big

PKM Dosen (PKMD)

3/PKMD/grid-small

Seminar/Workshop

3/Seminar/grid-small

Profil Program Studi

Alumni

6/Alumni/mini-slide

Internship

3/Internship/col-left

Profil Politeknik Pos Indonesia

PKM Mahasiswa (PKMM)

3/PKMM/post-list

Tugas Akhir

3/Tugas Akhir/col-right

SK Akreditasi D3 AKuntansi

Recent in Sports

3/Dosen/post-list

Dosen

2/Dosen/grid-big

Akademik

Akademik/feat-big
Sarjana Terapan Teknik Informatika ULBI

© ‧ Sarjana Terapan Teknik Informatika ULBI. All rights reserved.