Tata Kelola Proyek dan Internship Tahun 2019

Kordinator Proyek 2(Selaku Instruktur) Bersama dengan Peserta Pendidikan kostrad.mil.id 

Pelaksanaan proyek 2 dan 3 kali ini menggunakan sistem kendali mingguan. Dimana setiap hari senin  pukul 17.00 pertemuan dengan pembimbing ditutup hingga 10 kali pertemuan(8 kali pertemuan wajib, 2 pertemuan opsional.). 1 kali pertemuan wajib ada dalam satu minggu selama rentang waktu dari hari senin pukul 17.00 hinggga senin pukul 17.00. Hal-hal yang perlu diketahui bagi peserta proyek :
0. Peserta proyek tim terdiri dari 2 orang.
1. Mengisi google form yang disediakan
2. Membuat qr code dengan menggunakan program kepo
3. Melakukan pull request foto pada repo foto Proyek2 dan Proyek3, serta pull request sertifikat morris pada repo Himpunan.
4. Untuk melihat nilai mingguan bisa dilihat pada link proyek2 dan proyek3
5. Seluruh aktifitas berada di repositori github.com. Peserta wajib terlebih dahulu membuat repo laporan dan repo kode program(dua repo). Pada repo kode program yang dipakai generate aplikasi kepo memiliki syarat sebelum pertemuan sudah ada issues dan commit perbaikan terhadap issues tersebut('commit menggunakan tanda pagar dan nomor issues terkait'), wajib sudah membuat issues 10 buah per pertemuan(5 issues per orang) dengan commit yang sudah mengatasi masing-masing issues tersebut. Issues bisa dibuat oleh dosen maupun mahasiswa.
6. Laporan dibuat mingguan, dengan format Latex, yang di compile dan dipush selalu ke repositori setiap hari. Setiap chapter terdiri dari laporan aktifitas debugging berupa kode issues dan kode commitnya dan tabel penilaian(Panduan mengikuti PKPE) yang akan dilaporkan dan diinputkan nilainya melalup bimbingan.
7. Untuk pertemuan 1, peserta dibebaskan untuk memilih dosen pembimbing. Setelah pertemuan 1 akan ada pemerataan quota bimbingan dosen yang diumumkan setelah melakukan bimbingan pertama.


Nilai yang lolos sidang minimal D akumulasi dari 8-10 pertemuan. Untuk dosen yang memberikan penilian dengan cara scan qrcode yang dibuat oleh mahasiswa. Setiap keterlambatan maka nilai nol baik dari alasan dosen sulit ditemui maupun dari mahasiswanya. Dosen login dengan menggunakan email poltekpos.

Jadwal Penyelenggaraan Proyek :
Jumat, 25 oktober 2019 - Senin 28 oktober 2019 : Pembuatan repositori kode program dan laporan, Issues dan commit. serta pembuatan QR-Code.

Pertemuan minggu pertama : Senin, 28 oktober pukul 17.00- 4 November pukul 17.00

Pertemuan 1 : Bimbingan dengan dosen yang dipilih sendiri oleh mahasiswa
Pertemuan 2-10 : Bimbingan dengan dosen yang sudah di bagi berdasarkan quota bimbingan dosen.

Bimbingan ke-8 : 23 Desember 2019, dan sudah mulai bisa sidang.

Penyelenggaran Sidang
Sidang diselenggarakan dengna teknis program dibuat error sebanyak 10 kali untuk setiap anggota team(total 20 dibuat error). Nilai setiap error yang diselesaikan adalah 10. Jika berhasil meneyelesaikan 10 error maka nilai 100.

Penilaian:
Sistem penilaian diambil dari 50% nilai bimbingan pertemuan dengan aplikasi kepo dan 50% dari sidang.

Pelaksanaan Sidang 
1. ANGON(Aktifasi dengan Clone Repo) Kambing (download, lalu generate kartu bimbingan setelah itu print kartu bimbingan menggunakan kertas Buffalo)
2. Minta tanda tangan dan menjadwalkan sidang dengan pembimbing, lalu mahasiswa mengisi form Form Sidang Proyek 2.
3. Download, print Surat kelengkapan sidang lalu lengkapi isiannya, dan masukan kedalam map merah.
4. Laporan Proyek dibuatkan dalam bentuk logbook yang berisi issues dari pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke -10 .berikut adalah Contoh Logbook.
5. Konfirmasi sidang kepada penguji utama dan penguji pendamping sehari sebelum sidang dilakasanakan.
6. Pada saat pelaksaanan sidang wajib membawa KambingSurat kelengkapan sidang dan Logbook.

Pembukuan dan Haki

Hasil luaran sidang proyek dapat berupa buku  ISBN (wajib) dan HAKI (wajib)

1. Setelah sidang mahasiswa wajib membuat buku ISBN dengan jumlah minimal 200 halaman dan HAKI (minimal HAKI buku panduan).
2. Pembayaran biaya pelatihan pembuatan buku ber-ISBN dan kepengurusan ISBN, serta publikasi distribusi di Google Books seharga Rp. 80.000,00 (tanpa desain cover buku dari asisten riset IRC, cover buku didesain sendiri oleh mahasiswa) dan harga Rp. 100.000,00 (plus cover buku yang didesainkan oleh asisten riset IRC) untuk pembayaran dapat dilakukan melalui Tokopedia.
3. Setelah buku di-inpukan oleh asisten IRC. mahasiswa wajib mencetak buku yang sudah asisten IRC inputkan sebanyak 4 buah buku.
4. Buku sebanyak 4 buah tersebut harus mahasiswa berikan kepada :
  1.  Prodi D4 Teknik Informatika (1 buah)
  2.  Perpusnas (2 buah)
  3.  Dispusipda (1 buah)
5. Promo Paket Buku dan HAKI, paket khusus pelatihan serta kepengurusan penerbitan buku ber-ISBN dan kepengurusan pengajuan HAKI seharga Rp. 280.000,00 (tidak dengan desain cover buku) untuk pengajuan HAKI Buku Panduan/Petunjuk dan untuk pengajuan HAKI program komputer seharga Rp. 380.000,00 (tidak dengan desain cover buku) .
6.  Promo Paket Buku dan HAKI, paket khusus pelatihan serta kepengurusan penerbitan buku ber-ISBN dan kepengurusan pengajuan HAKI dengan Buku ISBN seharga Rp. 300.000,00 (dengan desain cover buku) untuk pengajuan HAKI Buku Panduan/Petunjuk dan untuk pengajuan HAKI program komputer dengan Buku ISBN seharga Rp. 400.000,00 (dengan desain cover buku).
7. Template surat peryataan hak cipta
8. Template surat pengalihan hak cipta

Penanggung Jawab untuk Buku ISBN dan HAKI

1. M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom. , Penanggung jawab : Kadek Diva Khrisna Murti
2. Rolly Maulana Awangga, S.T., M.TPenanggung jawab : Tri Angga Dio Simamora
3. Mohamad Nurkamal Fauzan, S.T., M.T. Penanggung jawab : M. Innal Kariem
4. Roni Habibi, S.Kom., M.T. Penanggung jawab : Faisal Najib Abdullah
5. Roni Andarsyah, S.T., M.Kom. Penanggung jawab : M. Wahyu Ardi Ismail
6. Cahyo Prianto, S.Pd., M.T. Penanggung jawab : Alit Fajar Kurniawan
7. Syafrial Fachri Pane, S.T., M.T.I.,EBDP Penanggung jawab : Rayhan Prastya
8. M. Harry K Saputra, S.T., M.T.I Penanggung jawab : Idam Fadilah
9. Rd. Nuraini Siti Fatonah, S.S., M.Hum. Penanggung jawab : Dezha Aidil Martha
10. Nisa Hanum Harani, S.Kom., M.T. Penanggung jawab : Dinda Majesty 
11. Woro Isti Rahayu, S.T., M.T. Penanggung jawab : Rayhan Prastya
12. Noviana Riza, S.Si., M.TPenanggung jawab :  Asep Setiawan

Sumber Hukum : IAPS 4.0 (Instrumen Akreditasi Program Studi Berbasis Outcome)

Proyek dan Internship (Buku)
0. Pull request foto di sini
1. Isi google form
2. Download kepobuku (download dan generate qrcode).
3. Tutorial penggunaan kepobuku.
4. Bimbingan dengan membawa buku sejumlah sesuai pertemuannya (cth: pertemuan 2 100 Halaman) qrcode kepada dosen pembimbing masih-masing.
5. Dosen scan qrcode untuk memberi nilai.

Berikut link spreadsheet untuk melihat nilai bimbingan buku proyek 2, proyek3, dan internship.
Link Spreadsheet Nilai Buku Proyek 2
Link Spreadsheet Nilai Buku Proyek 3
Link Spreadsheet Nilai Buku Internship

Format Pengajuan HAKI

Format ISBN


Proyek 2
Silahkan mengisi berita acara dibawah ini untuk menyelesaikan tahap pelaksanaan proyek 2 Berita Acara

Selamat Datang

Selamat Datang di Website Resmi Prodi D4 Logistik Bisnis Politeknik Pos Indonesia :::: Kepada Seluruh Mahasiwa D4 LB untuk pelaksanaan kegiatan perkuliahan Semester Ganjil T.A 2020/2021 dilakukan secara daring menggunakan Sistem VL, Zoom dan iTeung (IT Service Utility Integrated)

Prestasi Mahasiswa

12/Prestasi/slide-posts

Slider

5/random/slider

Penelitian

3/Penelitian/feat-list

Kegiatan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA)

8/Ormawa/grid-big

PKM Dosen (PKMD)

3/PKMD/grid-small

Seminar/Workshop

3/Seminar/grid-small

Profil Program Studi

Alumni

6/Alumni/mini-slide

Internship

3/Internship/col-left

Profil Politeknik Pos Indonesia

PKM Mahasiswa (PKMM)

3/PKMM/post-list

Tugas Akhir

3/Tugas Akhir/col-right

SK Akreditasi D3 AKuntansi

Recent in Sports

3/Dosen/post-list

Dosen

2/Dosen/grid-big

Akademik

Akademik/feat-big
Sarjana Terapan Teknik Informatika ULBI

© ‧ Sarjana Terapan Teknik Informatika ULBI. All rights reserved.