Mahasiswa D4 Teknik Informatika ULBI Ciptakan Game Edukatif dan Inovatif dari Mata Kuliah Algoritma
Bandung 26 Mei 2025 - Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Informatika Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) menunjukkan kreativitas dan kemampuan logika pemrograman mereka melalui pembuatan proyek game sederhana dalam mata kuliah Algoritma 1, yang diampu oleh Bapak M. Nurkamal Fauzal.
Mata kuliah ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan dasar logika dan struktur pemrograman, tetapi juga mengarahkan mereka untuk mengimplementasikannya dalam bentuk game interaktif. Salah satu tujuannya adalah melatih mahasiswa agar mampu mengembangkan solusi berbasis algoritma melalui media yang menyenangkan dan aplikatif.
Berikut adalah beberapa karya terbaik dari mahasiswa angkatan 2024:
🔹Raditya Rizki Raharja (D4TI 1A) menciptakan game "Duck vs Obstacles", sebuah permainan platformer dua level yang menantang pemain untuk melompati rintangan mematikan seperti paku dan musuh. Game ini juga menyisipkan elemen strategi dengan sistem heal point yang membuat permainan semakin menantang.
🔹 Revania Zahrani Ramadeani (D4TI 1B) menghadirkan "Hit The Mole", game aksi refleks berbasis Greenfoot yang menguji kecepatan dan ketepatan pemain. Pemain harus memukul tikus sambil menghindari jebakan seperti kucing dan burung, dan menaklukkan tiga level untuk menjadi juara.
🔹 Syalwa Aliya Rahmawati (D4TI 1C) mengembangkan game "NGOJOL", sebuah permainan edukatif berbasis platform yang melatih keterampilan pemecahan masalah, strategi, dan koordinasi mata-tangan. Pemain ditantang untuk mengumpulkan makanan dan menyelesaikan misi hingga mencapai rumah kemenangan.
Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika, Bapak Roni Andarsyah, mengapresiasi semangat dan dedikasi para mahasiswa dalam proyek ini. “Karya ini menunjukkan bahwa pembelajaran algoritma dapat dikemas secara kreatif dan menyenangkan, sekaligus menjadi bekal awal mahasiswa dalam dunia pengembangan perangkat lunak,” ujar beliau.
Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa semakin termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan potensi mereka di bidang teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan game, aplikasi, dan solusi digital lainnya.