Webinar “Wawasan Bisnis Startup” Untuk Mahasiswa Tingkat 1

 


 

IF.POLTEKPOS.AC.ID-Bandung, Pada pertengahan semester genap tahun ini kembali program studi D4 Teknik Informatika mengadakan webinar tentang teknologi startup. Tepatnya pagi hari ini (25/05) acara dilaksanakan dengan menghadirkan pembicara dari Dicoding, Nur Rohman selaku Chief Product Officer. Dicoding adalah sebuah perusahaan startup yang bertujuan mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Berdiri sejak 5 Januari 2015, Dicoding memiliki platform pembelajaran elektronik di laman Dicoding.com.

Tema yang diusung pada webinar ini adalah wawasan bisnis startup. Adapun tunjuannya adalah untuk memberikan pondasi awal tentang bagaimana membangun startup dari sisi teknologi (product development), oleh karenanya webinar ini memang ditujukan untuk mahasiswa tingkat 1 yang notabene sedang mengambil mata kuliah proyek 1. Harapan terbesar dari kegiatan ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Kaprodi dalam sesi pengantar, adalah para mahasiswa dapat menjadikannya sebagai referensi dasar untuk membuka wawasan dalam memperluas kajian yang akan dipaparkan dalam konten laporan proyek 1.

Dalam paparannya, Nur Rohman menyampaikan pentingnya memperkuat pemahaman terhadap permasalahan melalui riset sebelum melakukan pengembangan produk teknologi dan kemudian menciptakan inovasi. Melalui pemahaman terhadap user requirement, proses bisnis, karakter obyek dan lingkungan kerja, sebuah produk dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.


Nur Rohman juga menyampaikan bahwa selain kemampuan dalam melakukan menulis coding seorang programmer dituntut juga memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan semua resource yang ada dalam team, meng-elaborasikan referensi dan memanfaatkannya untuk kemanfaatan produk/aplikasi bagi pengguna.

Webinar yang dihadiri oleh 98 partisipan dari mahasiswa dan dosen ini berlangsung cukup menarik dengan berlangsungnya sesi diskusi dan Tanya jawab seputar bisnis startup diakhir acara.

© ‧ Sarjana Terapan Teknik Informatika ULBI. All rights reserved.